Monthly Archives: Januari 2017

PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) PROGRAM NASIONAL AGRARIA (PRONA)

IMG-20170710-WA0007 (1)

PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) PROGRAM NASIONAL AGRARIA (PRONA) di Kelurahan Kebonsari Wetan Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo merupakan implementasi dan nawacita / sembilan agenda prioritas Presiden dan wakil Presiden RI periode 2014-2019.
PRONA merupakan salah satu wujud upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat golongan ekonomi rendah sampai dengan menengah. Biaya pengelolaan penyelenggaraan PRONA seluruhnya dibebankan pada APBN pada alokasi Dipa BPN. Sedangkan biaya-biaya yang berkaitan dan alas hak / alat bukti perolehan / penguasaan tanah, patok batas, materai dan BPHTB / pph menjadi tanggung jawab peserta PRONA.
Kelurahan Kebonsari Wetan sebagai peserta kegiatan PTSL PRONA mendapatkan 200 bidang tanah peserta PRONA tetapi nanti akan ditambah lagi jika ada kelebihan kuota dari Kelurahan lain yang mendapatkan PTSL PRONA juga. Untuk diketahui bahwa Kota Probolinggo mendapatkan Kuota PTSL PRONA sebanyak 2000 bidang tanah dan kemudian dibagi ke 4 Kelurahan yaitu Kelurahan Kebonsari Wetan, Ketapang, Jrebeng Kulon dan Sumbertaman. Dan Kelurahan Kebonsari Wetan merupakan Kelurahan yang terakhir dalam pelaksanaan PTSL PRONA setelah Kelurahan lain sudah mulai selesai.