Monthly Archives: Mei 2016

HARI KEBANGKITAN NASIONAL

SUMBER : Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

download
Sejarah Singkat Hari Kebangkitan Nasional Setiap 20 Mei

Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei. Pada tahun 2015 ini, kita selaku bangsa Indonesia akan memperingati Hari Kebangkitan Nasional tersebut yang ke 107. Dalam sejarahnya, Kebangkitan nasional dimulai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 dimana ditandai dengan bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, yang tidak pernah muncul selama penjajahan berkuasa dan bumi pertiwi ini dikuasai oleh Belanda dan Jepang.

Pada awal berdirinya, organisasi Boedi Oetomo yang digagaskan pertama kali oleh Dr Wahidin Sudiro Husodo ini hanya bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial budaya. Organisasi ini mendirikan sejumlah sekolah yang bernama Boedi Oetomo dengan tujuan berusaha memelihara serta memajukan kebudayaan Jawa. Anggota Boedi Oetomo terdiri dari kalangan atas suku Jawa dan Madura. Namun sejak tahun 1915 organisasi Boedi Oetomo mulai bergerak di bidang politik. Gerakan nasionalisme Boedi Oetomo yang berciri politik disebabkan oleh berlangsungnya Perang Dunia I. Peristiwa Perang Dunia I mendorong pemerintah kolonial Hindia-Belanda memberlakukan milisi bumiputera, yaitu wajib militer bagi warga pribumi.

Dalam perjuangannya di bidang politik, Boedi Oetomo memberi syarat untuk pemberlakuan wajib militer tersebut. Syarat tersebut adalah harus dibentuk terlebih dulu sebuah lembaga perwakilan rakyat (Volksraad). Usul Boedi Oetomo disetujui oleh Gubernur Jenderal Van Limburg Stirum sehingga terbentuk Volksraad pada tanggal 18 Mei 1918. Di dalam lembaga Volksraad terdapat perwakilan organisasi Boedi Oetomo, yaitu Suratmo Suryokusomo.

Menyadari arti penting organisasi bagi rakyat, maka pada tahun 1920 Boedi Oetomo mulai menerima anggota dari masyarakat biasa. Dengan bergabungnya rakyat biasa ini, menjadikan Boedi Oetomo menjadi sebuah organisasi pergerakan rakyat dengan ditandai oleh pemogokan kaum buruh untuk menuntut kehidupan yang lebih baik.

Sejak tahun 1930, Boedi Oetomo membuka keanggotaannya untuk seluruh rakyat Indonesia. Dengan seiringnya waktu, dalam bidang politik Boedi Oetomo mempunyai cita-cita untuk membuat Indonesia merdeka. Dengan hal ini Boedi Oetomo berubah menjadi sebuah organisasi dengan tujuan nasionalisme.

Untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia tersebut, pada tahun 1935, Boedi Oetomo bergabung dengan Partai Bangsa Indonesia (PBI) yang didirikan oleh Dr. Sutomo. Kemudian dari dua organisasi ini melebur menjadi satu dalam partai Indonesia Raya (Parindra) yang diketuai oleh Dr. Sutomo.

Namun menurut beberapa sumber, kebangkitan nasional sebenarnya berawal dari berdirinya Sarekat Dagang Islam pada tahun 1905 di Pasar Laweyan, Solo. Sarekat ini awalnya berdiri untuk menandingi dominasi pedagang Cina pada waktu itu. Kemudian berkembang menjadi organisasi pergerakan sehingga pada tahun 1906 berubah nama menjadi Sarekat Islam.

Untuk memperingatinya, tanggal berdirinya Boedi Oetomo yakni 20 Mei 1908, di peringati sebagai hari kebangkitan nasional.

LOMBA CIPTA MENU

20160519_102512

Dalam rangka BBGRM dan HKG PKK ke 44, Pemerintah Kota Probolinggo menyelenggarakan Pelayanan gratis seperti Pelayanan KB, PDAM, Perijinan dll. Selain itu juga dilaksanakan Lomba Cipta Menu yang diikuti 29 Kelurahan se- Kota Probolinggo. Lomba tersebut dilaksanakan di GOR MASTRIP bersamaan dengan Pembukaan BBGRM dan HKG PKK ke 44.
Salah satunya Kelurahan Kebonsari Wetan juga mengikuti lomba tersebut. Meskipun tidak menjadi Juara tetapi Kelurahan Kebonsari Wetan tetap berbangga hati karena sudah berusaha maksimal.

Sukseskan Sensus Ekonomi 2016

Sumber : Badan Pusat Statistik

Sukseskan-Sensus-Ekonomi-2016

• Indonesia melaksanakan Sensus Ekonomi pada tanggal 1-31 Mei 2016.
• Sensus Ekonomi 2016 akan mendata seluruh aktivitas ekonomi yang ada di Indonesia, kecuali sektor pertanian.
• Sensus Ekonomi 2016 memberikan gambaran mengenai pangsa pasar untuk pengembangan usaha.
• Sensus Ekonomi 2016 tidak dipungut biaya, data bersifat rahasia dan dijamin undang-undang statistik No.16 tahun 1997
• Dengan Sensus Ekonomi 2016, para pelaku usaha akan mendapatkan informasi potret utuh perekonomian bangsa.
• Sensus Ekonomi 2016 menyediakan informasi untuk pengembangan usaha dan daya saing bangsa
• Para pengusaha baik besar kecil ataupun menengah diharapkan ikut mensukseskan SE2016
• Sensus Ekonomi 2016 untuk mewujudkan data ekonomi nasional yang akurat, terkini, dan terpercaya
• Pastikan usaha Anda didata dalam Sensus Ekonomi 1-31 Mei 2016
• Partisipasi Kita dalam Sensus Ekonomi 2016 turut menentukan Daya Saing Bangsa
• Dukung Sensus Ekonomi 1-31 Mei 2016, dengan Jawaban yang benar
• Dukung Sensus Ekonomi 1-31 Mei 2016, Sediakan data untuk membangun perekonomian bangsa